Flu vs Vitamin C


Ok, setelah agak lama gak da posting baru, gw balik lg dengan postingan yang lumayan bermanfaat buat kalian.
Memasuki musim pancaroba kayak sekarang ne, seringkali terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrim. Pagi hari matahari bersinar sangat cerah, jadinya udara siang terasa panas banget dan membuat kita gerah tentunya, namun di sore hari langit berubah menjadi kelihatan mendung trus hujan turun dengan derasnya. (meskipun mendung gak selalu turun hujan sih?!)
Nah, perubahan cuaca yang tiba-tiba tuh bisa buat daya tahan tubuh kita menurun dan jadi sangat rentan terhadap penyakit. Jika daya tahan tubuh kita sudah turun, virus yang menyebabkan penyakit batuk, pilek, dan sakit perut seperti diare akan mudah menghampiri dan mulai menyerang kita.
Biasanya dalam kondisi yang seperti itu, antibiotiklah yang menjadi andalan untuk mengatasi gangguan penyakit-penyakit tersebut. Padahal sebenarnya tubuh kita tuh udah punya mekanisme sistem kekebalan sendiri yang dipake untuk menangkal faktor atau zat yang berasal dari luar tubuh yang dapat membahayakan kesehatan kita.
Karena kekebalan tubuh tu bersifat dinamis namun virus dapat bermutasi, maka kita tuh harus ngelakuin gaya hidup yang sehat untuk dapat memperkuat pertahanan tubuh kita. Apalagi saat ini tuh banyak bermunculan penyakit-penyakit baru yang berbahaya, seperti virus flu burung contohnya.

Nah, sekarang gw mau ngomongin tentang flu, Flu tuh merupakan penyakit yang di akibatkan oleh infeksi virus, yang menyebabkan peradangan pada pada sistem pernafasan kita. Selama ini, Vitamin C gak hanya dikenal sebagai primadonanya vitamin, tapi banyak orang menggunakannya sebagai penangkal flu dan mengobati sariawan.
Berdasarkan penelitian Dr. Linus Pauling diketahui bahwa Vitamin C punya kemampuan untuk menghambat partikel virus agar tidak menyebar melalui sel dan jaringan tubuh, selain itu Vitamin C juga mengurangi kekampuan molekul oksigen sampai menjadi radikal bebas dan kemudian menghancurkan asam nukleus virus.
Nah, kalo kita melihat manfaat yang bisa kita peroleh dari Vitamin C, rasanya gak salah kalo kita mulai membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C dalam tubuh kita dengan gaya hidup sehat dan selalu mengkonsomsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, seperti Jambu Batu/Jambu Kelutuk, Jeruk, Apel, Kapri, daun pepaya dan lain sebagainya.

Nah, gw da sedikit tips ne buat nyegah kita terserang penyakit yang bernama flu atau influenza bahasa kerennya, tips itu adalah…..:
• Minum banyak air putih, minimal 8 gelas sehari
• Usahakan menghindari orang lain yang terkena flu
• Jaga selalu daya tahan tubuh dengan cukup istirahat, makan makanan yang bergizi, olahraga teratur dan
• Selalu penuhi kebutuhan vitamin C.

Yah, kiranya sekian dulu posting dari gw, semoga bermanfaat…
Dan seperti biasa, artikel ini gw culik (dengan perubahan dari gw tentunya) dari :
http://www.sehatbugar.info/

0 Response to "Flu vs Vitamin C"

Posting Komentar