Pertolongan Pertama Pada Cedera Mata

PERTOLONGAN PADA CEDERA MATA

Cedera pada mata terutama pada anak perlu ditangani selekasnya. Selain kemasukan benda asing yang sudah bisa dikeluarkan, segeralah bawa korban ke Unit Gawat Darurat rumah sakit terdekat selekas mungkin, begitu selesai malakukan pertolongan pertama.

Luka pada mata aatau kelopak mata

Tutup mata yang terkena dengan kain bersih dan ikat longgar dengan perban. Jangan ditekan. Tutup juga mata yang sebelah. Lalu cari pertolongan medis.

Terpukul di daerah mata

Lakukan langkah pertolongan pertama seperti di atas, tetapi gunakan kompres dinginj untuk menutup mata yang terkena.

Mata terkena bahan kimia

Bila mata seorang terpercik bahan kimia (misalnya larutan pemutih pakaian), segera alirkan air banyak-banyak ke mata yang terkena. Miringkan kepala dengan bagian mata yang terkena disebelah bawah, dan buka kelopak mata dengan jari. Setelah semua bekas bahan kimia sudah terhapus, tutup kedua mata dengan pembalut bersih dan carilah bantuan medis.

Benda asing masuk ke mata

Jangan berusaha mengeluarkan hal-hal berikut dari mata:

* benda yang tertancap dimata
* butiran logam
* benda dibagian mata yang berwarna

Pada keadaan seperti diatas, tutup kedua mata sesuai tertulis sebelumnya, dan carilah bantuan medis.

Benda asing lainnya, misalnya butir kotoran atau bulu mata, yang terselip dibalik kelopak atau dibagian putih mata, bisa dihilangkan sebagai berikut:

1. Bila bendanya terlihat di putih mata atau dibalik kelopak mata bagian bawah, ambillah itu dengan menggunakan ujung sapu tangan yang lembab dan bersih.
2. Bila bendanya tak terlihat, tarik kelopak bagian atas ke bawah sampai menutupi kelopak bagian bawah dan tahanlah sejenak, untuk merubah posisi benda tersebut.
3. Jika bendanya masih tetap ada, mungkin dibalik kelopak atas. Mintalah penderita melihat ke bawah. Tahan bulu mata di kelopak mata atas dan tarik ke bawah.
4. Tempaykan sebetang korek api, tusuk gigi atau sebatang kapas telinga di atas kelopak mata atas dan balikkan kelopak itu di atasnya.
5. Bila benda itu sudah bisa terlihat, ambillah dengan hati-hati seperti pada langkah pertama.

Jika Anda belum berhasil juga, balutlah mata yang cedera dengan hati-hati dan carilah pertolongan medis.

1 Response to "Pertolongan Pertama Pada Cedera Mata"