JENIS DAN MANFAAT JAMUR!!!!!!






Baik, bertemu lagi dengan “ikyners” hahaha {gak lebay kan???}
Baik, setelah posting tentang “Flu vs Vitamin C” yang berhubungan dengan musim panas disertai hujan ataupun musim hujan yang kadang-kadang panas, gw kembali membawa sebuah artikel buat kalian semua dan, masih berhubungan dengan hujan tentunya…
Baik gak mau panjang lebar lagi…


Posting kali ini adalah tentang…. JENIS DAN MANFAAT JAMUR!!!!!!

Baik, sebagai mana kita ketahui jamur merupakan salah satu bahan makanan yang digemari oleh masyarakat (termasuk gw lho…).
Ternyata, selain lezat jamur memiliki banyak manfaat diantaranya :
• Menurunkan kolesterol darah
• meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
• mengatasi gangguan pencernaan dan hati
• kaya vitamin dan mineral serta protein
• melancarkan peredaran darah
• Menghambat virus HIV-AIDS
• Dan banyak lagi yang lainnya

Dibawah ini saya sertakan beberapa jenis jamur yang kita kenal, agak kita kenal dan kita gak begitu kenal… hahahaha

Jenis-jenis Jamur:


Jamur kancing atau champignon (Agaricus bisporus) Jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia, sekitar 38% dari total produksi jamur dunia. amur kancing segar bebas lemak, bebas sodium, serta kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin B dan potasium. Jamur kancing juga rendah kalori, 5 buah jamur ukuran sedang sama dengan 20 kalori.

Jamur shiitake (Lentinus edodes) Paling banyak dikonsumsi dan diproduksi di Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan. Sekitar 10% dari total produksi jamur dunia berupa jamur shiitake. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa asam amino yang terkandung di dalam jamur shiitake dapat membantu memproses kolesterol di dalam hati. Jamur ini mengandung asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu; thiamin, riboflavin, niacin, serta beberapa jenis serat dan enzim. Jamur Shiitake juga mengandung ergosterol, yang akan diolah tubuh menjadi vitamin D setelah kulit terkena sinar matahari. Kandungan asam amino jamur shiitake membuatnya berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengatasi gangguan pencernaan, hati, mengobati penyakit hepatitis B, meredakan serangan pilek, dan melancarkan peredaran darah. Manfaat lainnya antara lain menurunkan kolesterol darah dan menghambat virus HIV-AIDS


Jamur merah / Ling zhi (Ganoderma lucidum) merupakan jamur kayu yang konon sudah ribuan tahun diketahui memiliki khasiat obat. zat-zat yang terkandung didalamnya antara lain:
A) Triterpenoids: dapat membantu untuk meningkatkan sistem peredaran darah, mengurangi kadar kolesterol dan lemak neutral di dalam tubuh. ganoderma juga efektif karena dapat mengurangi rasa sakit, membuang bahan toksik dan lain-lain.
B) Adenosin: Tahap kolestrol rendah dan kurang lemak. Melancarkan peredaran darah, membantu metabolisme dan menjaga kesehatan tubuh serta menambah energi daalm tubuh sehigga kita bertenaga.
C) Polisakarida: Membantu membersihkan toksin yang ada didalam tubuh, mempercepat daya pemulihan tubuh sehabis sakit, menganti sel-sel yang rusak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) serta memelihara kesehatan keseluruhan bagian tubuh.
Telah dikenal pasti bahwa Ganoderma ini dapat mengobati kebanyakan penyakit repiratori seperti asma kronik, bronkitis dan masalah sinus. Satu penelitian telah di lakukan di China pada tahun 1970-an, di mana 2000 orang yang menderita penyakit bronkitis diberi sirap Ling Zhi dalam bentuk pil selama dua minggu. Hasil yang diperoleh ialah 60 – 90% menunjukkan pemulihan penyakit tersebut termasuk selera makan bertambah baik. Pengujian yang dilakukan di Jepang juga menunjukkan pemulihan 50 – 90%.

Yah, cukup 3 jamur aja yah???
Kebanyakan malah ntar gak ngerti lagi..

Baik, kiranya sekian dulu postingan jamur dari gw..

Artikel ini gw tulis bin ketik setelah gw menelusuri tentang jamur melalui http://id.wikipedia.org/

2 Responses to "JENIS DAN MANFAAT JAMUR!!!!!!"